Over Steering Control
VSA mengurangi gejala over steering dengan melakukan pengereman pada roda bagian luar, sedangkan EPS akan memberikan bantuan tenaga putar roda kemudi ke arah berlawanan untuk mencegah pemutaran roda kemudi (belok) yang berlebihan.
Misalkan terjadi over steering saat membelok ke kanan maka VSA akan melakukan pengereman pada roda sebelah kiri depan dan kiri belakang. EPS akan meringankan roda kemudi untuk diputar ke arah kiri.
Under Steering Control
VSA mengurangi under steering dengan melakukan pengereman pada roda bagian dalam, sedangkan EPS akan memberikan bantuan mencegah pemutaran roda kemudi yang berlebihan sehingga mencegah slip pada roda bagian depan.
Misalkan terjadi under steering saat membelok ke kanan maka VSA akan melakukan pengereman pada roda sebelah kanan depan dan kanan belakang. EPS akan meringankan roda kemudi untuk diputar ke arah kanan.
Control Slip Pada Permukaan Jalan yang Berbeda
VSA memberikan pengereman pada keempat roda secara bergantian sesuai gejala slip yang terjadi, EPS memberikan bantuan tenaga putar roda kemudi ke arah yang berlawanan saat terjadi gejala slip pada jalan.
Control Tiupan Angin Kencang (dari samping)
EPS memberikan bantuan tenaga putar roda kemudi ke arah sebaliknya dari penyimpangan kendaraan. Misalkan ada tiupan angin kencang dari sebelah kiri kendaraan, maka setir akan terasa berat bila belok ke kanan sebaliknya lebih ringan apabila roda kemudi diputar ke kiri.
No comments:
Post a Comment